CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL




Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal yang baik adalah untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh. Konsumsi cairan oleh tubuh yang diperlukan dapat membantu ginjal untuk berfungsi dengan baik.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. fungsi ginjal dalam tubuh seperti:

Mengatur jumlah cairan dalam tubuh
sisa metabolisme filter dan racun dari darah
Rilis hormon yang mengatur tekanan darah
Aktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang
Melepaskan hormon yang membantu pembentukan sel-sel darah merah
mineral darah Terus sisa-sisa seimbang
Gangguan ginjal atau gagal ginjal kronis dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, infark miokard, stroke, hipertensi, kelemahan tulang, cedera sistem saraf, insufisiensi ginjal, anemia atau tidak adanya sel-sel darah merah.

Apa faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal?
Ada kondisi kesehatan atau kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal seseorang, yaitu:

diabetes mellitus
Tekanan darah tinggi
penyakit jantung
Memiliki riwayat penyakit ginjal atau diabetes atau keturunan hipertensi
Memiliki lebih dari 60 tahun
Konsumsi kelas obat nyeri jangka panjang NSAID seperti ibuprofen.
Diskon saluran kemih kronis infeksi
batu ginjal
gendut
Bagaimana menjaga kesehatan ginjal?
dibawah ini  adalah gaya hidup yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan ginjal:

Menjaga cairan dalam tubuh
Mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu ginjal untuk berfungsi dengan baik. Jika Anda mengubah warna urin menjadi lebih gelap, ini bisa menjadi tanda dehidrasi. Bila Anda tinggal di tempat yang atau ketika bepergian di negara-negara di musim panas atau selama latihan keras, maka Anda perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk menggantikan cairan yang hilang melalui keringat.
makan sehat
Diet yang seimbang akan membantu Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian seperti gandum, dan makanan hindari yang mengandung terlalu banyak garam dan lemak.
Mengurangi asupan garam
Batasi penggunaan garam sebesar 2,3 gram per hari. Periksa label untuk melihat komposisi kadar garam diet dalam makanan.
Kontrol tekanan darah
mengontrol tekanan darah secara teratur setiap hari. Tekanan darah tinggi tidak menyebabkan gejala spesifik namun dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung. Berkonsultasi dengan dokter jika pemeriksaan tekanan darah menunjukkan peningkatan di atas normal.
Mengkonsumsi air ketika haus
Membuat air prioritas untuk minum ketika haus. air putih memiliki banyak manfaat dan tidak ada kalori. air putih secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan minuman manis dalam kemasan.
Berhenti merokok dan berhenti minum
Merokok dan minum dapat meningkatkan tekanan darah. Secara umum, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal.
Jaga berat badan Anda
Yang melebihi berat badan normal dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal.
olahraga
Melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat memberikan dampak yang baik, seperti peningkatan kekuatan, stamina dan energi. Mulai berolahraga perlahan dan bertahap sehingga tubuh tidak tahu kelelahan.
Hindari stres yang berlebihan
Sebuah kesehatan yang baik tubuh termasuk fisik, mental, sosial dan spiritual. Untuk menikmati hidup untuk mencoba untuk dapat mengurangi stres dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, meluangkan waktu untuk keluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tips enjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

manfaat buah zuriat untuk kesehatan

TECHNOLOGY JARINGAN IOT (INTERNET OF THING) UNTUK UEA